Mudah dan Tidak Berbahaya, Ini Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

4. Menghangatkan bayi
source gambar : popmama.com

Pada saat kondisi cuaca yang tidak tentu dan sulit diprediksi ini dapat menimbulkan berbagai masalah gangguan kesehatan. Pasalnya, kondisi cuaca seperti ini dapat membuat tubuh seseorang menjadi lebih rentan untuk diserang oleh penyakit terutama batuk dan pilek.

Tentu hal ini sangatlah menjadi hal yang dihindari oleh semua orang. Jika gangguan kesehatan menyerang tentu akan menghambat berbagai aktivitas yang harus dilakukan oleh seseorang juga tentu akan memberi rasa tidak nyaman pada penderitanya. Oleh karena itu seseorang sangat menghindari terserang oleh penyakit apapun.

Seseorang yang dewasa tentu saja akan merasakan ketidaknyamanan saat mengalami gangguan kesehatan bahkan meski hanya batuk dan pilek. Lalu, bagaimana jika hal ini terjadi pada seorang bayi? Tentu akan lebih sulih karena Anda akan kesulitan saat memikirkan bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Pasalnya, seseorang yang mengalami batuk dan pilek biasanya akan mengalami gangguan pernapasan. Hal ini juga dapat terjadi kepada seorang bayi. Gangguan ini disebabkan oleh dahak yang menyumbat saluran pernapasan bayi Anda. Tentu hal ini akan membuat Anda sebagai orang tua merasa khawatir melihat sang buah hati kesulitan.

Agar dapat memberikan pertolongan bagi sang buah hati, tentu Anda harus perlu mengetahui bagaimana cara mengeluarkan dahak pada bayi. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Salah satu cara yang paling mudah dan sederhana untuk Anda lakukan adalah dengan cara menggunakan uap panas untuk mengencerkan dahak pada bayi. Cara ini tergolong sebagai cara yang paling mudah karena tidak perlu melakukan langkah rumit dan bahan-bahannya yang mudah.

Cara mengeluarkan dahak pada bayi dengan uap panas ini hanya memerlukan satu baskom yang berisikan air hangat di dalamnya. Air hangat di dalam baskom tersebut dapat Anda camput dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Namun hal tersebut hanya opsional.

Baskom tersebut dapat Anda posisikan didekat bayi Anda berada. Hal ini dilakukan sehingga nantinya bayi Anda menghirup uap dari air hangat di dalam baskom dan dahaknya dapat mengencer dan tidak lagi menyumbat saluran pernapasannya.

Saat Anda memanfaatkan terapi dari uap panas sebagai cara mengeluarkan dahak pada bayi ini, Anda perlu memperhatikan dengan baik agar jarak bayi dengan baskom berisi tetap terjaga. Jangan biarkan posisi baskon berisi air hangat tersebut berada terlalu dekat dengan buah hati Anda.

Demikian informasi yang dapat Anda manfaatkan untuk membantu buah hati Anda saat mengalami batuk atau pilek. Cara mengeluarkan dahak pada bayi ini merupakan cara yng cukup mudah dan juga tidak berbahaya.

Leave a Comment