Berikut Keutamaan Membaca Al-Quran, Membuat Anda Semangat Untuk Mengaji

https://worldquran.com – Membaca Al-Quran merupakan ibadah semestinya umat muslim laksanakan, untuk memberikan pencerahan bagi kehidupan anda, yang mungkin sedang tidak tau arah dan tujuan. Layaknya muslim yang salih dan salihah, sudah sepatutnya meminta petunjuk kepada yang Maha Kuasa.

Selain memberikan pencerahan, orang sering menyebutnya kegiatan mengaji ini merupakan ibadah paling utama diantara ibadah lain, pasalnya banyak sekali keutamaan saat kita mendengungkan ayat Allah ini. Sebagaimana riwayat an-Nu’man ibn Basyir:

“Rasulullah Shallahu’alaihi wasallam bersabda, “sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur’an.” (HR.AL-Baihaqi)

Berikut merupakan keutamaan membaca al-Quran yang mesti anda simak.

  1. Membaca Al-Quran Diumpamakan Seperti Buah Yang Manis dan Harum

Anjuran membaca al-quran pun digambarkan dengan hadits Abu Dawud yang memberikan perumpamaan jikalau orang mukmin yang seringkali membaca al-Quran diigambarkan seperti buah yang manis dan juga harum, namun jika orang mukmin tidak suka membaca al-Quran diumpakan seperti buah yang manis tapi tidak memilki harum.

Lalu, apabila orang fasik suka membaca al-Quran dideskripsikan seperti buah yang memiliki aroma yang harum namun rasanya pahit,kemudian orang yang fasik yang sama sekali tidak membaca al-Quran akan digambarkan seperti buah yang pahit bahkan tidak beraroma sama sekali.

  1. Mendengarkan Orang Membaca al-Quran Mendapat Rahmat

Dalam Qur’an Surat Al-A’raf ayat 7 yang artinya: “Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat,” (QS. Al-A’raf [7]: 204)

Menurut ulama tafsir, mendengarkan orang yang membaca Al-Quran saja sudah mengundang rahmat, apalagi jika Anda membacanya. 

  1. Membaca Satu Huruf Akan Diberi Balasan Satu Kebaikan

Dalam salah satu hadits riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud menjelaskan bahwa jika anda membaca satu huruf saja dalam al-Quran, anda akan dibalas dengan satu kebaikan. Bayangkan jika 1 ayat anda baca, berapa kebaikan yang sudah anda miliki, namun berharaplah sekali lagi pada ridho-Nya.

Hadits riwayat Abdullah Ibnu Mas’ud yang artinya: “Kata’Abdullah Ibn Mas’ud, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam berdabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (al-Qura’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf,dan mim satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

  1. Memberikan Syafa’at di Hari Kiamat

Pada hari akhir atau sering kita sebut hari kiamat, jika Anda sering membaca Al-Quran kelak akan diberikan syafaat, seperti yang tertulis dalam hadist dari Abu Umamah al-Bahili yang artinya: “Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda, ‘bacalah Al-Qur’an . sebab ia akan dating memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemiliki (pembaca, pengamal)-nya.” (HR.Ahmad).

Maka dari itu tidak hanya untuk dibaca, al-Qur’an juga untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Comment