5 Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

Di balik rasanya yang manis dan menyegarkan, ada beragam manfaat semangka untuk ibu hamil. Berbagai manfaat tersebut tidak hanya didapatkan dari nutrisi umumnya seperti vitamin dan mineral yang tinggi di dalamnya, tapi juga senyawa lutein dan likopen. Ikuti terus artikel berikut untuk mengetahui apa saja manfaat yang ditawarkan semangka bagi ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Semangka

Jika kita membahas atau mungkin membayangkan buah semangka, pasti hal pertama yang terpikirkan adalah daging merahnya yang berair. Ya, air merupakan salah satu komposisi buah semangka yang paling besar, selain dari vitamin C, vitamin B5, dan karbohidrat.

Lutein dan likopen juga termasuk dalam komposisi melimpah dari buah semangka. Kedua senyawa antioksidan tersebut diyakini menyimpan peran yang berguna bagi kesehatan ibu hamil. Begitu pula dengan beberapa vitamin dan mineral yang terkandung di buah yang tumbuh subur di iklim yang panas ini.

Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil

1. Mengurangi Risiko Preeklamsia

Preeklamsia merupakan salah satu permasalahan serius ibu hamil yang dapat berujung pada kelahiran prematur. Ini adalah kondisi komplikasi ibu hamil yang ditandai dengan tekanan darah tinggi, munculnya pembengkakan, dan hilangnya protein dalam urine.

Ada temuan yang menjelaskan bila tambahan asupan likopen dapat menekan kemungkinan terjadinya preeklamsia. Semangka yang tinggi kandungan likopen pun disebut sebagai sumber makanan yang dapat melindungi wanita hamil dari preeklamsia yang dapat berkembang selama masa kehamilan.

Sebuah studi menyebutkan kalau mengonsumsi 4 mg likopen per hari dapat membantu menurunkan risiko preeklamsia hingga 50 persen. Jumlah likopen tersebut bisa diperoleh dalam 152 gram buah semangka. Meski begitu, belum ada penelitian yang menunjukkan secara pasti apakah buah semangka yang punya banyak likopen juga memberi efek positif terhadap kondisi preeklamsia tersebut.

2. Menyembuhkan Infeksi Saluran Kemih

Permasalahan infeksi saluran kemih menjadi hal yang banyak dialami wanita hamil saat masa awal mereka mengandung. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi buah semangka. Buah dengan kulit keras berwarna hijau ini memiliki komponen air yang banyak, terlebih dengan sifat anti-bakteri yang dimilikinya.

Kandungan dari semangka ini dapat membantu menyingkirkan bakteri yang bersarang di saluran pencernaan sehingga proses buang air yang menyakitkan bisa diredakan.

3. Mencegah Dehidrasi

Seperti halnya buah lainnya dengan kandungan air yang melimpah, semangka juga berkhasiat dalam mencegah ibu hamil dari dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Hal yang nampak biasa ini pun bisa berdampak buruk bagi ibu hamil bila lama dibiarkan dalam kondisi ini. Sebab, dehidrasi bisa menyebabkan kontraksi prematur serta persalinan prematur.

Konsumsi semangka yang buahnya terdiri dari 90% air adalah cara yang baik untuk mencegah tubuh dari kekurangan air.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kehamilan menjadi saat di mana tubuh wanita yang juga mengandung bayi memerlukan ketahanan tubuh lebih. Bukannya tidak mungkin bila kesehatan ibu hamil yang menurun bisa berakibat fatal pada perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam perutnya.

Namun, ibu hamil bisa memelihara kandungannya serta dirinya sendiri dengan mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan antioksidan seperti halnya buah semangka. Senyawa likopen dan lutein yang tinggi dapat meningkatkan sistem imun ibu hamil sehingga tidak mudah lelah dan sakit.

Bahkan, likopen buah semangka yang lebih besar dari tomat ini bisa melindungi ibu hamil dari kanker dan penyakit kardiovaskular.

5. Mengurangi Kram Otot

Perubahan hormon dan berat badan yang naik pesat bagi ibu hamil dapat memengaruhi ototnya dan menimbulkan rasa kram dan nyeri. Kondisi kram otot juga disebabkan kebutuhan akan magnesium ibu hamil yang meningkat. Karenanya, masa kehamilan yang kian bertambah tidak memungkinkan untuk pemenuhan magnesium dari dalam tubuh saja.

Buah semangka dengan kandungan magnesium yang tinggi dapat membantu tubuh ibu hamil yang kekurangan magnesium sehingga masalah kram betis dan nyeri otot yang terjadi karenanya bisa disembuhkan.

Itu tadi manfaat semangka yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Untuk mendapatkan semangka aneka jenis tersebut Anda dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian semangka yang lengkap, di platform ini Anda juga akan mendapatkan semangka dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin semangka yang akan Anda terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

Leave a Comment